Pengenalan komputer

Pengenalan Komputer

PENGENALAN KOMPUTER 

 

1.Pengertian Komputer

 2.Perangkat Keras Komputer (hardware) 

3.Perangkat Lunak Komputer (software) 

4.Brainware

 

Pengertian Komputer  Komputer adalah peralatan elektronik yang memiliki kemampuan mengolah data dan menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi manusia.  Untuk menggunakan komputer diperlukan hardware, software, dan brainware  Semua masukan yang diterima komputer disebut data (huruf, angka, grafik, diagram, suara dsb)  Data tersebut diproses oleh CPU (central Processing Unit) untuk kemudian diubah menjadi data biner agar dapat diproses oleh CPU untuk menghasilkan keluaran atau output yang berupa informasi yang dapat membanu kegiatan manusia.

3 1.Hardware  Perangkat Keras dapat didefinisikan sebagai peralatan dalam sistem komputer yang dapat dilihat dan dapat dijamah secara fisik.  Secara fungsional, perangkat keras dapat digolongkan sebagai berikut: a.Perangkat Input  Digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer sesuai dengan format yang diijinkan komputer untuk kemudian diolah ke dalam media pemroses. Contoh: Keyboard, mouse, bar-code reader, floppy-disk drive,CD-ROM drive, USB drive,Digital camera, Microphone

4 b. Perangkat pemroses  Terdiri dari CPU (central processing unit) atau prosesor yang didukung oleh motherboard dan dibantu oleh komponen-komponen yang ada di dalam motherboard tersebut.  ALU (Arithmetic Logic Unit)  Merupakan unit pengolah data aritmatika (perhitungan matematis,statistika dll) dan logika (perhitungan perbandingan; lebih besar,lebih kecil, AND, OR dll).  CU (Control Unit)  Merupakan unit pengendalian atas suatu proses yang sedang dikerjakan.  MU (Memory Unit)  Merupakan unit pendukung, semua perintah yang sering digunakan oleh prosesor akan disimpan sementara pada bagian ini.

5 Clock Prosesor  Clock prosesor adalah kecepatan proses prosesor atau disebut juga clock speed. Misalnya Intel Pentium III 800 Mhz, berarti prosesor berdetak 800 juta kali dalam satu detik. Semakin besar nilai clock speed, semakin cepat prosesor tersebut menyelaisaikan pekerjaannya.

6  C. Perangkat Output  Digunakan untuk mengeluarkan hasil pengolahan data dari media pemroseske dalam bentuk dan format yang bermacam-macam sesuai dengankeinginan manusia. Contoh: Printer, monitor, plotter,proyektor-LCD dll Gambar 1. plotter

7 d. Penyimpan Data (Storage Media)  Digunakan untuk menyimpan data hasil pengolahan, Secara umum media penyimpan atau memori dapat dibagi menjadi dua;  1. Random Access Memory (RAM)  Adalah media penyimpan yang bersifat non-permanen, data dan proses yang sedang dikerjakan akan disimpan ke dalam RAM selama komputer aktif (hidup), setelah komputer dimatikan (daya listrik dicabut), data dan proses akan terhapus.  Terdapat macam-macam jenis RAM, di antaranya EDO RAM, SDRAM,DDR-SDRAM dan RD-RAM.

8  2. Read-Only Memory (ROM)  ROM hanya digunakan untuk media yang dapat menyimpan data secara permanen dan tidak dapat diubahubah lagi.  Contoh : CMOS pada rangkaian motherboard di dalam CPU dan bertugas menyimpan instruksi input-output dasar yang dikenal sebagai BIOS.

9  Pada pengertian yang kedua ini, ROM dibagi menjadi dua, yaitu:  a. Removable-Disk  Merupakan media penyimpan yang tidak mempengaruhi kerja sistem secara langsung, artinya, pada saat media ini dipasang maupun dilepas secara langsung (plug ‘n play) saat komputer menyala, tidak menyebabkan kerusakan pada sistem komputer secara keseluruhan, contoh; floppydisk (disket), CD-ROM, DVD, USB Flash- disk, MMC dll  b. Non-Removable Disk  Merupakan media penyimpan yang mempengaruhi kerja sistem secara langsung, sebab di dalamnya terdapat file-file. Sistem Operasi dan program-program yang dibutuhkan untuk kerja komputer, media ini tidak dapat dipasang maupun dilepas secara langsung pada saat komputer bekerja, contoh; hard-disk internal, bootable USB flash-i, Live CD-ROM

Software ( Perangkat Lunak Komputer ) 

Adalah kumpulan dari instruksi-instruksi yang akanmengatur kerja komputer. Jenis-jenis perangkat lunak: 1.Sistem Operasi : Perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerja dari perangkat-perangkat komputer. Contoh sistem operasi : DOS, Windows, Unix, Linux, Machintosh, Lindows, dll 2.Sistem Aplikasi : perangkat lunak penunjang untuk tujuan tertentu. Misalnya: Ms. Office, Word Processor, Corel Draw, Adobe Photoshop, Autocad, dll 3.Utility: untuk menunjang kinerja komputer dan perawatan perangkat keras komputer. Misalnya: tune up utilitys, anti virus.

Perangkat Lunak Komputer…

 (lanjutan) 4.Perangkat Lunak Bahasa (language Software): untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer. Misalnya: Assembly, C, C++, Pascal, Basic, Java, Cobol, Fortran. Compiler : Delphi, Visual Basic, Microsoft FoxPro 5. Perangkat Lunak Paket (Package Software) : untuk menyelesaiakn pekerjaan yang sifatnya umum atau sesuai dengan standar. Software ini bertujuan menyediakan berbagai fungsi yang siap untuk dipakai. Misalnya: Ms. Office yang berisi se paket aplikasi untuk perkantoran.

. Brainware Brainware 

 adalah seseorang yang cakap dan mampu menangani sistem komputer yng akan digunakan.  a. System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan komputer  b. Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang  c. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan komputer  d. Operator : Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada,

sumber:http://slideplayer.info/slide/2026813/ 

 

komponen komputer yang terbagi menjadi 3 kategori, yaitu INPUT, PROSES, & OUTPUT.
Komponen komputer yang termasuk pada komponen Input adalah:

  1. Keyboard, merupakan komponen yang berfungsi untuk memberikan masukan berupa data-data alfanumerik dan interpretation ASCII lainnya.

  2. Mouse. merupakan komponen yang sangat berfungsi dalam komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis GUI, dimana dalam pengopersiannya akan berhubungan dengan pointer yang ada di layar guard yang befungsi untuk mempercepat atau mempermudah dalam pengoperasian perintah-perintah module dalam komputer.

  3. Trackpad, Trackball, sama dengan mouse. Yang membedakannya adalah bentuknya.

  4. Pen, digunakan sebagai pengganti pionter mouse. Biasanya digunakan pada komputer yang memiliki layar sentuh. Untuk memerikan perintah tertentu, tidak lagi menggunakan mouse, tapi tinggal menyentuhkan coop ke GUI di layar sentuh.

  5. Microphone, komponen masukan yang memberikan interpretation masukan berupa interpretation suara.

  6. Scanner, digunakan untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer menjadi berbentuk digital.

Komponen komputer yang termasuk pada komponen Output adalah:

  1. Monitor, komponen yang menampilkan proses atau apa yang sedang dikerjakan oleh komputer. Termasuk menampilkan interpretation hasil pengolahan.

  2. Printer, untuk menampilkan atau mencetak interpretation dari komputer.

  3. Plotter, sama dengan printer. Yang membedakannya adalah kemampuan pencetakan datanya.

  4. Speaker atau Buzzer. Untuk menyampaikan informasi atau interpretation hasil pengolahan dalam bentuk gelombang suara.

Komponen komputer yang termasuk pada komponen Pemroses adalah Prosesor beserta dengan perangkat pendukungnya:

  1. Prosesor, merupakan komponen utama pemrosesan data. Di dalam komponen ini seluruh interpretation diproses berdasarkan module yang dijalankan.

  2. Motherboard, merupakan komponen yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Semua komponen mulai dari input, prosesor hingga output, berhubungan melalui komponen ini.

  3. Hard Disk, merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan interpretation dan module yang diperlukan oleh seluruh komponen (komputer). Komponen lainnya yang fungsinya sama dengan tough hoop adalah Disk Drive (CD, DVD), Floppy-Drive.

  4. Memori (RAM), merupakan tempat penyimpanan interpretation dan module yang sifatnya sementara yang digunakan untuk mempercepat proses dari kerja prosesor.

  5. Komponen Perantara antara Prosesor dengan Input dan Output. Komponen ini umumnya berbentuk komponen tambahan berupa kartu atau Slot/Port:

    • Kartu VGA, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan layar penampil (monitor).

    • Kartu Audio, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan speaker.

    • Kartu Firewire, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan komponen submit berkecepatan tinggi seperti kamera video.

    • Kartu TV Tuner, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan komponen submit untuk menerima siaran televisi.

Leave a comment